Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Makanan Tinggi Vitamin D, Enak Disantap untuk Jaga Imunitas Tubuh

 



Jasa Skripsi Jogja - Selain sinar matahari, makanan merupakan salah satu sumber vitamin D yang bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Namun, tidak semua makanan tinggi vitamin D.

Daftar Makanan Tinggi Vitamin D

Vitamin D merupakan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin D harian, salah satunya melalui asupan makanan.

Masih bingung apa saja makanan kaya vitamin D? Berikut beberapa asupan sehat yang bisa dikonsumsi.

Baca Juga:

Makan Tauge Bisa Bikin Pria Sangat Subur, Mitos atau Fakta? Begini Jawaban dr Silvi!

1. Ikan Salmon

Mengutip dari laman Food Data, salmon merupakan salah satu jenis makanan laut yang kaya akan vitamin D. Selain itu, ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mengurangi peradangan pada tubuh.

Ikan salmon dapat diolah menjadi berbagai hidangan, seperti panggang, rebus, atau dijadikan bahan dasar sushi.

2. Kuning Telur

Bukan hanya murah dan mudah ditemukan, telur juga menyimpan berbagai zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Salah satunya adalah vitamin D, tepatnya pada bagian kuning telur.

Baca Juga:

Jungkook BTS Tegur Fans yang Sering Kirim Makanan ke Alamat Pribadinya, Ancam Beri Tindakan Tegas

Kuning telur juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, vitamin E, dan protein. Kuning telur dapat diolah menjadi berbagai hidangan, misalnya omelet, telur mata sapi, atau direbus.

3. Hati Ikan Cod

Hati ikan cod adalah sumber vitamin D yang sangat kaya. Hati ikan cod juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, omega-3, dan zat besi.

Hati ikan cod dapat diolah menjadi berbagai hidangan, seperti sup atau dimasak dengan bumbu tertentu yang menghasilkan cita rasa lezat.

4. Susu

Susu dan produk olahannya juga merupakan sumber vitamin D yang mudah ditemukan. Namun, susu murni tanpa tambahan bahan lainnya merupakan sumber terbaik.

Susu juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti protein, kalsium, dan vitamin B12. Susu dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan bahan dasar untuk membuat berbagai jenis minuman, misalnya smoothie atau cappuccino.

5. Tempe

Makanan tinggi vitamin D selanjutnya adalah tempe. Bagi orang Indonesia, tentu saja ini adalah makanan yang mudah ditemukan dan diolah.

Setiap 100 gram tempe setidaknya terkandung 26 persen berbagai jenis vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

6. Jamur

Jamur adalah sumber vitamin D yang mudah ditemukan dan merupakan pilihan bagus vegetarian dan vegan. Selain itu, jamur mengandung nutrisi penting lainnya, seperti serat, protein, dan zat besi. Jamur dapat diolah menjadi berbagai hidangan, seperti sup atau tumis.

7. Tofu

Tofu atau tahu adalah sumber vitamin D yang mudah ditemukan. Tofu juga merupakan pilihan yang baik untuk vegetarian dan vegan.

Tofu mengandung nutrisi penting lainnya, seperti protein, zat besi, dan kalsium. Makanan tinggi vitamin D ini dapat diolah menjadi berbagai hidangan, seperti tahu goreng atau pelengkap sup.

Posting Komentar untuk "7 Jenis Makanan Tinggi Vitamin D, Enak Disantap untuk Jaga Imunitas Tubuh"